Home Kuliner 5 Tips Membuat Soto Anda Semakin Lezat dan Menyehatkan
5-Tips-Membuat-Soto-Anda-Semakin-Lezat-dan-Menyehatkan

5 Tips Membuat Soto Anda Semakin Lezat dan Menyehatkan

by admin

Hingga saat ini, keberadaan soto semakin eksis di berbagai daerah. Selain lezat, cara membuat soto ayam pun terbilang praktis dan mudah. Secara umum, soto termasuk salah satu makanan khas nusantara yang terbuat dari kuah kaldu daging serta sayuran. Tidak hanya daging ayam, soto juga bisa dihidangkan dengan daging sapi atau daging kambing.

Soto sangat cocok untuk menjadi hidangan utama makan siang dan makan malam. Semakin nikmat dihidangkan dengan perasan jeruk nipis atau jeruk limau, sensasi asam dan gurih berpadu menjadi satu.

Agar Soto Semakin Lezat dan Bergizi

Tahukah Anda?

Soto merupakan salah satu makanan yang sehat untuk dikonsumsi sebab menggunakan bahan sayuran yang direbus bersama kaldu daging. Kaldu daging yang menyatu dalam kuah soto mengandung asupan vitamin yang sangat bagus dicerna oleh tubuh.

Ingin sajian soto semakin sehat dan mempunyai bergizi tinggi? Yuk, perhatikan beberapa tips cara membuat soto ayam di bawah ini;

1. Pilih daging rendah lemak

Tips yang pertama yakni pilihlah daging yang rendah lemak. Hal ini bertujuan mencegah kolesterol pada tubuh. Meskipun tidak ada bahan yang menggunakan minyak, namun tetap saja penyakit kolesterol dapat datang dari daging yang memiliki lemak tinggi atau jahat.

Hindari pemilihan jeroan atau gajih dan bagian kulit. Sebab bagian ini mengandung banyak lemak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Jika menggunakan daging ayam, sebaiknya hindari bagian kulit.

Dalam memilih daging sapi, pilih bagian yang memiliki permukaan merah segar. Hindari memilih pada bagian yang memiliki banyak serat atau garis putih, sebab bagian tersebut merupakan lemak.

2. Sajian bahan gizi lengkap

Baik Soto Lamongan, Soto Banjar, Soto Betawi dan lainnya sudah pasti mengandung sayuran yang lengkap untuk pemenuhan gizi.

Pastikan soto yang Anda konsumsi dilengkapi bahan yang mengandung karbohidrat. Seperti halnya penyajian soto dengan lontong, soto dengan mie atau kentang, dan lainnya yang dapat Anda kreasikan sesuai selera. Untuk sayurannya, Anda bisa menambahkan dengan kol, wortel, tauge, dan lainnya.

3. Bumbu dan rempah alami

Jika ditilik lebih dalam, saat ini banyak bumbu instan yang praktis karena tersedia dalam bentuk kemasan. Cukup tuang lalu aduk hingga merata. Memang praktis dan mudah, namun seringnya hasil masakan belum dapat dikatakan sempurna.

Agar rasa yang dihadirkan lebih nikmat, Anda dapat menambahkan bumbu rempah alami yang diolah sendiri seperti jahe, bawang putih, dan lainnya. Bumbu alami dapat menghadirkan asupan fitonutrien yang sangat bagus untuk gizi tubuh.

4. Mau pakai topping? Pastikan bebas lemak

Bagi sebagian penikmat soto, rasanya kurang lengkap jika tanpa topping diatasnya. Umumnya, topping berupa potongan kecil daun bawang, bawang goreng, hingga perasan jeruk nipis segar.

Perlu diingat, sangat disarankan menghindari penggunaan topping atau bahan yang mengandung lemak, garam dan gula. Contohnya, kerupuk dalam jumlah banyak sebab mengandung lemak minyak goreng, kentang goreng yang diiris tipis, dan lainnya.

5. Kukus daging dan lauk pelengkap lainnya

Agar meminimalisir jumlah lemak, sebaiknya daging yang digunakan cukup dikukus tanpa perlu digoreng. Bukankah lebih sedap dan lezat?

Sajikan dengan telur ayam rebus agar hidangan semakin nikmat untuk disantap bersama nasi hangat.

Demikianlah beberapa hal yang bisa Anda terapkan ketika memasak soto. Untuk resep soto khas daerah tertentu, Anda bisa mencarinya di internet. Sudah banyak tutorial cara membuat soto ayam yang bisa Anda eksekusi di rumah.

Related Posts

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami : Accept Read More

Privacy Policy