5 Tips Mencegah Karang Gigi Sejak Dini

5-Tips-Mencegah-Karang-Gigi-Sejak-Dini
Foto dari Canva

Plak muncul bisa disebabkan oleh penumpukan sisa makanan di celah atau sela gigi Anda. Bila tidak dibersihkan dengan baik, plak dan kotoran yang menempel akan menjadi karang gigi yang lebih sulit dibersihkan. Karang gigi yang menebal bisa membuat penampilan Anda menjadi kurang percaya diri saat tersenyum atau berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, karang gigi berpotensi merusak lapisan gigi dan menimbulkan aroma tidak sedap. Guna mencegah karang gigi yang menebal, pastikan Anda mencoba cara membersihkan karang gigi sejak dini.

Kiat Membersihkan Karang Gigi Secara Rutin

Untuk mencegah dan membersihkan karang gigi yang menumpuk, maka Anda wajib mencoba cara menghilangkan karang gigi sejak dini sebagai berikut :

1. Rutin menggosok gigi dengan benar

Tips pertama yang harus Anda terapkan adalah rutin menggosok gigi dengan benar. Gosok gigi dua kali saja tidak cukup bila Anda salah melakukan teknik menyikat gigi. Sikat gigi Anda selama dua menit dengan gerakan memutar dari atas ke bawah di semua bagian gigi mulai geraham sampai gigi depan. Usahakan memakai sikat gigi dengan bulu halus dan tidak menekan terlalu kasar untuk mencegah kerusakan lapisan gigi.

2. Rajin membersihkan pakai benang gigi

Keberadaan plak di sela-sela gigi menjadi salah satu penyebab karang gigi menebal. Anda harus membersihkan sisa makanan atau plak di gigi memakai benang gigi. Gunakan benang gigi yang kredibel guna menjamin sisa makanan bisa dibersihkan secara optimal tanpa risiko menyakiti gusi. Memakai benang gigi yang tidak berkualitas hingga menggesek gusi bisa menyebabkan masalah kesehatan mulut dan gusi Anda.

3. Pakai obat kumur

Tidak hanya rajin sikat gigi saja, Anda bisa menghilangkan karang gigi bila rajin berkumur pakai obat kumur yang berlisensi BPOM RI. Hindari memakai obat kumur yang mengandung alkohol sehingga merusak lapisan enamel gigi, menyebabkan mulut menjadi lebih kering dan bisa memicu aroma tidak sedap alih-alih menjaga kebersihan mulut Anda.

4. Rajin membersihkan lidah

Saat menyikat gigi setiap hari, Anda juga harus rajin membersihkan lidah dari penumpukan plak dan bakteri. Lidah yang bersih tampak berwarna merah muda dan tidak ada bercak-bercak putih, ya! Lidah yang bersih bisa mendukung kesehatan mulut dan gigi Anda, serta mencegah aroma mulut tidak sedap.

5. Terapkan pola hidup yang sehat

Kebersihan diri menjadi kunci memiliki gigi yang sehat dan terhindar dari penumpukan karang gigi yang menebal. Anda harus tahu pola hidup yang membantu kesehatan mulut dan gigi lebih optimal, misalnya rajin mengkonsumsi air putih. Kondisi mulut yang kering akibat kurang minum air putih bisa memicu pertumbuhan bakteri lebih banyak.

Selain rajin minum air putih, Anda juga harus menghindari rokok dan alkohol mulai sekarang. Zat kimia pada rokok membantu pembentukan karang gigi yang bisa membuat Anda merasa minder, termasuk penyebab bau mulut tidak sedap. Jangan lupa untuk membatasi konsumsi makanan manis dan bertepung sebab makanan tersebut mengundang pertumbuhan bakteri di mulut mengeluarkan zat asam pemicu masalah pada gigi dan bau mulut tidak sedap.

 Yuk, coba cara menghilangkan karang gigi secara alami di atas mulai sekarang! Anda yang ingin merontokkan karang gigi yang menebal harus rajin menggosok gigi setelah makan, ya! Memakai bahan alami seperti mengunyah daun sirih, menggosokkan kulit jeruk atau pemakaian pasta baking soda bisa Anda coba. Rajin merawat kesehatan gigi akan membuat Anda terbebas dari masalah penumpukan plak dan karang gigi yang memicu penurunan kepercayaan diri. Nah, sudahkah Anda membersihkan karang gigi hari ini?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *