Home Kesehatan 6 Manfaat Matahari Pagi Baik Untuk Tubuh

6 Manfaat Matahari Pagi Baik Untuk Tubuh

by admin

Saran untuk berjemur pada pagi hari, contohnya sekalian olahraga atau sebatas duduk di teras rumah, bukan tanpa ada fakta. Di samping tingkatkan produksi vitamin D di pada tubuh, ada bermacam faedah paparan cahaya matahari pagi buat kesehatan Anda.

Di bawah ini beberapa faedah kesehatan yang dapat Anda temukan dari berjemur pada pagi hari:

1. Tingkatkan produksi vitamin D

Paparan cahaya matahari pagi akan merangsang produksi vitamin D di pada tubuh. Vitamin D dibutuhkan untuk tingkatkan penyerapan kalsium serta fosfor di usus, hingga bisa menguatkan tulang, gigi, dan otot.

Tidak itu saja, vitamin D dapat menolong menahan bermacam penyakit, seperti rakitis, osteoporosis, hipertensi, diabetes type 1 serta 2, dan multiple sclerosis.

2. Tingkatkan skema kebal badan

Cahaya matahari bisa tingkatkan skema kebal badan. Waktu terkena cahaya matahari, badan akan membuahkan makin banyak sel darah putih yang berperan jadi perlindungan badan. Sel darah putih menggenggam fungsi penting dalam menantang beberapa pemicu infeksi.

3. Melakukan perbaikan kualitas tidur

Paparan cahaya matahari pagi bisa merangsang produksi hormon melatonin di pada tubuh. Melatonin ialah hormon yang bertindak mengendalikan siklus tidur. Bila kandungan melatonin di darah rendah, siklus tidur Anda bisa terusik.

4. Menangani penyakit kulit

Memperoleh paparan cahaya matahari pagi hari dipercaya berguna untuk menolong menangani beberapa penyakit kulit, dari mulai jerawat, eksim, sampai psoriasis.

Tetapi sebelum Anda putuskan untuk berjemur dibawah cahaya matahari pagi, semestinya tanyakan dulu dengan dokter tentang ketentuan serta lamanya waktu berjemur sesuai dengan keadaan kulit Anda.

5. Menahan stres

Paparan cahaya matahari pada pagi hari dapat menghindari Anda dari stres. Minimnya paparan cahaya matahari bisa turunkan kandungan hormon serotonin di pada tubuh, hingga lebih gampang berlangsung stres.

6. Mendesak efek kanker

Terkena cahaya matahari terlalu berlebih memang dapat menyebabkan kanker kulit. Tetapi dalam kandungan yang pas, paparan cahaya matahari malah dapat menahan beberapa penyakit kanker, seperti kanker prostat, kanker pankreas, kanker ovarium, kanker usus besar, serta kanker getah bening (limfoma Hodgkin).

Untuk mendapatkan beberapa faedah paparan cahaya matahari di atas dengan efek resikonya yang kecil, Anda dianjurkan berjemur sebelum jam 10.00 pagi, supaya terlepas dari bahaya cahaya ultraviolet (UV). Berjemurlah sepanjang 5-15 menit, sekitar 2-3 kali satu minggu. Jika memang perlu, pakai tabir surya membuat perlindungan kulit dari cahaya UV.

Paparan cahaya matahari pagi mempunyai bermacam faedah buat badan, tetapi kebanyakan terkena cahaya matahari dapat beresiko buat kulit. Yakinkan Anda berjemur pada saat yang pas serta tidak terlalu berlebih.

Related Posts

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami : Accept Read More

Privacy Policy