Jangan Asal, Begini Cara Mencuci Mobil Yang Benar

Jangan-Asal-Begini-Cara-Mencuci-Mobil-Yang-Benar
Foto dari Canva

Menjaga dan merawat kendaraan merupakan tanggung jawab kita sebagai pengendara. Salah satu caranya ialah dengan mencuci mobil secara rutin. Hal ini merupakan hal yang paling mudah serta praktis dilakukan jika Anda berada di rumah, ataupun dapat menggunakan jasa pencucian mobil. Namun dalam merawat mobil, bukan hanya memperhatikan mesin serta body luarnya saja. Sebagai pengendara disarankan untuk memiliki car insurance Indonesia, yang salah satu manfaatnya ialah memberikan perlindungan mobil dari kecelakaan dan pencurian dengan jaminan komprehensif serta kerugian total.

Berbicara tentang mencuci mobil, ternyata masih banyak yang melakukannya secara sembarangan, ternyata ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan, apa sajakah itu?

1. Jangan Mencuci di Bawah Sinar Matahari

Dalam membersihkan mobil hal yang perlu diperhatikan ialah jangan pernah mencuci mobil di bawah terik sinar matahri secara langsung. Hal tersebut dapat membuat kerak dan jamur pada bagian body mobil sehingga semakin sulit dibersihkan. Bukan hanya itu kerak dan jamur pada mobil juga akan membuat tampilan mobil menjadi tidak enak dipandang. Sebaiknya mencuci mobil di dalam garasi atau teras rumah. Jika tidak memiliki garasi Anda dapat mencuci mobil pada sore atau malam hari.

2. Memakai Sabun Khusus

Dalam mencuci mobil disarankan Anda mencucinya dengan sabun khusus mobil. Cairan sabun khusus mobil tersebut tentunya memiliki bahan yang berbeda dari pembersih lainnya. Kandungan tersebut pastinya membuat body mobil Anda semakin bersih dan kinclong. Jangan pernah mencuci mobil menggunakan sabun colek atau pencuci piring, dikhawatirkan kandungan pada cairan pembersih tersebut dapat meninggalkan goresan dan membuat cat mobil kusam.

3. Gerakan Ke Atas dan Bawah

Mencuci mobil yang paling baik ialah dengan gerakan ke atas dan ke bawah, jika Anda sering menggunakan gerakan memutar cara ini dinilai tidak efektif sebab kotoran yang tersapu tetap berkumpul di satu titik saja. Jika menggunakan teknik ke atas dan ke bawah maka kotoran akan langsung terbuang ke bawah dan tidak muncul kembali ke permukaan.

4. Memakai Penyemprot Khusus

Agar mencuci mobil bisa bersih secara maksimal, maka yang dibutuhkan adalah dengan memakai selang penyemprot khusus. Dengan memakai selang dinilai dapat mengontrol kekuatan pancaran selang hingga dapat membersihkan ke sela-sela yang sulit dijangkau dengan menggunakan tangan. Jika tidak memiliki selang penyemprot khusus, maka disarankan untuk mencuci mobil menggunakan 2 ember. Satu ember berisi campuran dengan sampo dan ember yang satu diisi menggunakan air yang bersih untuk membilas.

5. Membersihkan Interior

Membersihkan interior mobil juga tidak bisa sembarangan, gunakan kain yang setengah basah untuk mengelapnya, atau gunakan kanebo setengan basah. Dalam membersihkan karpet dan bagian bawah juga sebaiknya di vakum, guna menyedot kotoran dan debu-debu yang menempel.

Nah, sudah tahukan bagaimana caranya mencuci mobil yang benar? Jangan asal-asalan lagi ya. Kendaraan yang dijaga dan dirawat dengan baik akan lebih bagus performanya dan tentu saja awet dipakai hingga bertahun-tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *